Thursday, September 13, 2007

Mendaki Bersama Jompo-Jompo Beken

Jam menunjukkan pukul 4.15 sore ketika hutan di pundak Salak sudah diselimuti mendung dan halimun. Langkah-langkah kami bertiga masih bersahut-sahutan meninggalkan rombongan di belakang. Beberapa kali kucoba berhenti untuk menunggu rombongan tersebut. Namun, Bang Hendri (sang penulis beken) dan Taufan (Sang apa ya?? Ya… penulis menunggu beken lah :P)  meyakinkanku untuk terus berjalan dan menunggu mereka di puncak. Maka tetap berjalanlah aku dengan napas ngos-ngosan ditemani suara active speaker yang dipasang di keril Taufan yang menembangkan “sebelum cahaya”nya Letto yang mungkin sudah kali ke 75 aku mendengarnya hari itu.

20 menit kemudian setelah melewati pos 6, hujan benar-benar turun. Letto tau diri, dia diam dalam active speakernya. Namun, langkah kami tetap perkasa melewati genangan-genangan air dan basahnya daun-daun di tanah. Hujan membawa berkah, aku bisa berkonsentrasi penuh akan jalan dan tak menghiraukan kram di perutku. Sesekali aku terjatuh dan melenguh sebal. Heeeeeeeeemmmmmm.. Grrrrrrrrrrrrrrrr…. “Kapan sampai puncaknya???” pikirku hampir stress.

Dan saat jarum jam hampir menunjukkan pukul 6 tet, terdengar suara-suara orang di atas. Wah akhirnya sampailah kami di satu tempat yang ada makamnya. Ya itu dia puncak Salak 1. beberapa pendaki sudah berlindung di dalam pondok yang ada di sana.

Setelah bersalaman mengucap selamat, kami bertiga ikut bergabung bersama mereka sambil menunggu rombongan yang tertinggal.

“Bang Hend, keluarin trangia dong, ku buatin kopi deh”

“Spirtusnya di carier Ori san!”

Gludaxxxxx ???????? hsjdgjasdgadsadgjydg!!!!!!!!!

“Punya Mas Taufan mana?”

“Itu dia masalahnya San, aku bawa trangia tapi spirtusnya dibawa Kisut!”

OMD – Oh My Dog! Apa kata beruang madu, kaki oglek dan terutama sherpa Kisut kalo rombongan pada nyampe puncak tapi kami belum masak buat mereka. Maafin kita ya temans. Bukan maksud hati ga peduliin kalian, tapi apa daya ga ada yang bawa spirtus geto lho!

 
Hujan agak reda dan Bang Hendri mendirikan tenda imutnya.

Sip deh bisa ganti baju neh.

“Bang Hend, gimana kalo Om Bongkeng di bawah kakinya kumat, terus decide stay di bawah?”

“Semoga ga deh, San.”

Dan akhirnya, kira-kira setengan delapan terdengar suara ribut dan nyala headlamp yang makin lama makin dekat. Yup, it’s them. Cihuyyyyyyyyyyyyyyyyyy akhirnya Tante Enoy, Om Bongkeng, Bang Nanda dan Kisut nyampe juga.

Bersalam-salaman lagi lah kami sambil cipika cipiki. Tapi Buluk, Epi??? Di mana? Ternyata Buluk harus mengawal bawaan barunya yang innocent dan lucu ini sampai harus tertinggal di belakang. hehehehe….

Syukurlah kami bisa berkumpul. Meskipun protes Kisut paling keras karena ga ada yang hangat-hangat menyambut mereka, dia juga masih getol masak dalam pondok.

Menu kami malam itu ada sup macaroni, meatball + noodles cukup untuk menghangatkan badan kami.

Kira-kira pukul 11, saat hujan merada,  tenda-tenda didirikan dan kamipun tidur pulas di dalamnya. What a day……… Ups.. ternyata syndrome Blothonk berlanjut di salak. Kong Nanda jangan keras-keras donk kalo main biola. Udah malam wei… Huekekekekekek……..

 

Minggu Pagi di puncak.

Bacot-bacot para jompo VS para anak muda yang imut dan ga pernah mati gaya saling bertempur.

“Kek-nya gw salah gaul jalan ma Bang Hendri ma Mas Taufan nih. Jalannya ngebut habis. Tau dirilah kalo udah jompo jalannya pelan napa!”

Huauhahahhaa… Aku lupa pembelaan macam apa yang mereka buat waktu itu. Yang kuingat adalah most of them, the jompoers mirip mandor jaman kompeni. Kami yang masih muda dan lagi ranum-ranumnya ini disibukkan dengan kegiatan masak-memasak.

“Mas, kamu kan nganggur, mbok ya cuciin piring kek biar bisa cepet makannya”

“Gue ga nganggur San, gw ngeliatin lw-lw pada masak!” Begitulah bacot-nya.

Dan lagu letto “Sebelum cahaya” membuat masakan kami terasa eneg secara itu yang ke 150 kali kami dipaksa si pemilik MP3 buat mendengarkannya. Hahahahahaha. Makasih buat yang udah ngirimin kami lagu ini. Gw suka kok. Terutama buat Letto yang udah membuat lagu sedemikian menenangkan dan nyindir (hahahahha) Nih bikin catper juga ditemani lagu Letto. Hehehehe…

Dan menu kami pagi itu sangat-sangat European style banget, omelet, tumis baso dan sosis, roti bakar dan tak lupa teri kacang getho lho! Nutrijel kami bawa untuk lunch di mata air.

 
Setelah puas saling mencela dan keadaan perut puas terisi, we went down at 11.00.

Kira-kira pukul 6 sore kami benar-benar sampai di pos untuk mandi dan menunggu angkot.

 
Alhamdulillah, Puncak Salak akhirnya berhasil kuraih


Temen-temen lama ku Bang Nanda (Beruang Maduku) met Ultah ya… makasih buat traktirannya.

Om Bongkeng jangan lupa dikopi semua poto-potonya ya di CD.

Tante Enoy sayang gw setubuh ma lw “Gw ga takut ga punya suami, yang gw takutin gw punya suami tapi bodoh!” mantab banget tuh.

Taufan, the lonely tracker, gw ga tau harus coment apaan buat bro gw yang menyebalkan abis dan bikin gw mati gaya nih.. thanks for your help. Gusti Pengeran sing Mbales cuy!

Kisut.. dah berapa kali naik gunung ma kamu ya?, yang jelas kamu selalu bikin semua orang bahagia.

Buluk, hehehehehe.. apa ya???  Makasih buat teri kacang sama unyilnya, san simpen deh…

 
Teman-teman baru yang ternyata menyenangkan

Bang Hendri, makasih buat saran-saran melangkah dengan mantab pas turun. Baru kali ini gw jalan ma penulis dan praktekin semua teori-teorinya. San mau kok bantu bikin buku yang kita ngomongin itu. Oh ya asal bang Hendri juga mau bantu bikin Tips Menjaga Hati Di Atas Gunung ya…. Hehehehehe

Epi yang innocent dan lucu… kalo ada acara naik ma teman-teman pendaki, ikut ya.. ga nyesel kan jalan ma kita. We’ll see again dear, as our promise.

 Maaf kalo ada salah dalam bersikap dan berucap.

12 comments:

  1. lagi dan lagi mbak susan bikin nit ngiri :(
    kapan nit bisa naek juga............... iks

    ReplyDelete
  2. kalo kamu dah moving ke jawa lagi sayang

    ReplyDelete
  3. lain kali jangan mo jalan ma hendri or topan, mereka speed mulu :)
    and if i may suggest, untuk perlengkapan sendiri, jangan lupa selanjutnya selalu bawa 1 paket trangia mini ditambah 1 botol spirtus. Enteng, ga berat, tapi sangat bermanfaat untuk masak secara kilat....

    ReplyDelete
  4. susaaaaan... masih mau denger "Sebelum Cahaya" lagi? hehehe...

    ReplyDelete
  5. Makasih bang Dharma buat tips-nya. ntar diikutin deh

    ReplyDelete
  6. NGGAKKKKK!! Cukup di salak aja keracunan lagu letto. Adanya ntar jadi letoy. Hehehehe... Btw, mbak Arisna congrats ya buat hidup barunya.
    Ternyata mbak ini secakep poto2 di MP-nya cihuy....

    ReplyDelete
  7. huuuuu... ngeledeeek? ;p

    -makasih ya San. buat ucapan selamatnya. makaciiih..makaciiih...-

    ReplyDelete
  8. ga akan kapok kok jalan sama mba susan :D
    maaf yah pas malem-malem di puncak salak
    bikin kamu kaget :P
    next time kalo kita pergi bareng hope ga akan terjadi lagi
    terus jalannya bisa lebih cepet, malu juga selalu di belakang
    hihihihihihihi :)

    ReplyDelete
  9. ada acara apa nih????
    mbak ariesna, sama deh gw ucapin slamet jg hehehehe

    ReplyDelete
  10. hahahaha... kukira kamu didatangi aneh2 Pi.. ga taunya kamu mo mimik hehehe..
    pasti deh aku ngerepotin kamu lagi

    ReplyDelete
  11. hmm..ck..ck..ckk..mikir...hmmm...ke'nya gw kenal setan2 yang jadi tokoh utama cerita di atas..hmmm...??

    ReplyDelete