Friday, February 22, 2008

UFO - The Science Behind The Myth

UFO - The Science Behind The Myth

Acara Conversation night yang diadakan di I/A/L/F dengan the tema UFO - The Science Behind The Myth semalam (21 Feb 2008) membuat saya tertegun dan lumayan gemes dengan reaksi akhir yang menutup acara tersebut. I/A/L/F sendiri sudah lama sekali tidak mengadakan acara semacam ini dan merupakan satu kehormatan bagi milis BETA-UFO ini bisa mengisi kevakuman dan memberikan pengetahuan baru tentang UFO kepada kawan-kawan di luar sana yang pastinya sedikit banyak memiliki rasa penasaran tentang UFO. Apalagi sudah beberapa bulan ini, milis BETA-UFO telah menjadi sorotan media.

Acara dimulai jam 5 sore dan berlangsung seru sehingga selesainya molor lebih lama setengah jam dari waktu yang telah ditentukan. Para peserta yang ikut adalah para siswa di I/A/L/F dan beberapa khalayak umum yang khusus datang karena penasaran dengan apa itu UFO. tidak ketinggalan beberapa pengajar I/A/L/F mengikuti acara ini sampai selesai. Alunan theme song X-Files menyambut peserta diskusi.

Dari BETA-UFO sendiri hadir Mr. Nur Agustinus (kalo ngomong sedikit di-bule-in), Mr. Gatot Tri, Mr. Leo dan Mr. Handoko (saya baru tau kalau di BETA-UFO mas Handoko lebih dikenal dengan nama Mr. Hanoman) yang ditugaskan menjaga pameran buku dan merchandise dan juga saya sendiri.

Sebelum tampil ke depan mas Gatot sempat berbisik pada saya "Mbak Susan, saya jadi nervous lho kalau yang datang segini banyak" hemmm... Bisa dimaklumi secara mas Gatot menurut pengakuannya sudah lama sekali tidak speak "Enggres". Tapi saya yakin setelah pelatihan intensive yang kami lakukan di base-camp Mas Gatot akan baik-baik saja.
Kira-kira pukul 5 tet acara dimulai, X-Files theme song tau diri, dia berhenti berbunyi seiring sambutan yang diberikan Mas Ary dari I/A/L/F mengalun di hadapan para audience dan diteruskan oleh Mas Gatot sampai sesi terakhir.
Meskipun persiapan yang disiapkan mas Gatot selama di base-camp sudah cukup sempurna namun apa daya ketika presentasi berlangsung slide-slide gambar dan keterangan dari sang power point yang ditunjukkan di awal acara tidak bekerjasama sebaik ketika dicoba di basecamp.

Mas Gatot nervouse.............. dag..dig..duugg...
Berkali-kali sempat terlontar ucapan darinya "i'm sorry... i don't know what's going on " sambil melirik ke saya yang juga membuat saya gemas kok bisa jadi seperti ini.
Mungkin karena melihat mas gatot agak bingung, Mr. Nur datang...... (mungkin mau memberi support dan dukungan moril lewat telepati ), Meninggalkan handycam dan duduk di tempat yang dekat dengan mas Gatot berdiri. Dalam waktu 15 menit presentasi selesai.

Setelah itu....
Masa penyerangan tiba. Peluru dan bom pertanyaan dari peserta yang memang bukan UFO lover alias dari kalangan umum itu menyerbu dan memborbardir tiap otak, relung dan hati sanubari kami. Ditambah lagi harus menjawab menggunakan Bahasa Inggris. Suddenly miracle came. Mr. Nur speak English... Yippie... Bravo meskipun ada selipan vocab "itu" atau "jadi" di beberapa kalimatnya, ternyata cak Nur bisa berbahasa Inggris (Ups... kepeleset manggil Cak hehehe).

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul antara lain:"
1. Jika UFO itu memiliki teknologi yang sangat canggih mengapa mereka tidak menguasai bumi?
2. Anda sudah mengklasifikasi serta mengidentifikasi bahwa obyekitu adalah UFO, buktinya anda sudah bisa membuat gambar tipe-tipe UFO. Lalu mengapa anda tetap menyebutnya sebagai UFO yang artinya tak teridentifikasi (unidentified) ?
3. Mengapa UFO menculik orang biasa, bukannya menghubungi orang yang pintar seperti Enstein, Thomas Alva Edison, dll?
4. Dalam 20 tahun terakhir mengapa penampakan UFO meningkat dan baru ramai dibicarakan?
5. Juka UFO nampak di seluruh bagian bumi, mengapa awalnya UFO hanya ramai dibicarakan di Amerika Serikat?
6. Apakah fenomena UFO ini sama dengan hantu?
7. Dari mana anda tahu ada banyak tipe UFO dan mengapa ada banyak sekali bentuk UFO?Jika Amerika menyimpan UFO dan memiliki teknologinya, mengapa mereka merahasiakan bahwa itu temuan berasal dari makhluk Alien?
9. Saya pernah tinggal di Bandung selama 2 tahun dan juga pernah berjalan-jalan di daerah Dago, namun mengapa saya tidak pernah melihat UFO?
10. Kenapa di Bandung dan Jakarta sering nampak UFO?
11. Teori-teori asal usul UFO itu dari mana? Apa referensinya?
12. Mengapa ufo yang katanya canggih itu bisa jatuh atau mengalami kecelakaan?

Acara ini berlangsung santai dan terkadang kami selingi dengan canda dan tawa antara peserta dan pengisi acara. Namun seperti biasanya Mas Gatot harus lagi-lagi memperoleh permintaan dari peserta untuk menceritakan pengalamannya diculik Alien. Dan hal ini lebih menarik bagi mereka ketimbang membahas asal usul UFO meskipun dengan presentasi gambar-gambar yang menarik tentang UFO, crop circle phenomena, ataupun pahatan Yunani yang artistik itu. Saya melihat kecenderungan orang umum (yang sama sekali tidak percaya adanya UFO) akan lebih senang melihat secara nyata bukti adanya UFO, sempat mereka kecewa kenapa mas Gatot tidak sempat memotret bukti keringnya salah satu bagian pohon setelah terdengar dan terlihat sesuatu yang aneh di depan rumahnya malam sebelumnya.

Pada dasarnya acara ini berlangsung dengan sukses meskipun ada kecenderungan mereka tidak puas dengan jawaban-jawaban yang kami beri yang pastinya masih belum tertampung di pemikiran mereka sebagai orang awam.
Hem... ternyata tidak semudah itu membuat mereka percaya bahwa ada makhluk lain di luar bumi.
Pukul 18.45 acara berakhir dan tampak masih ada beberapa peserta yang kurang puas berdiskusi dengan mas gatot tentang pendapat mereka. 

Hari ini, jam 3 sore, pihak I/A/L/F mengadakan meeting intern dan mereka menyimpulkan bahwa acara conversation night kemarin itu sangat sukses dan berjalan baik, dilihat dari partisipasi perserta yang sangat antusias. Sebelumnya, pada acara serupa, peserta yang ikut biasanya lebih sedikit dan pasif. Hal ini membuat kami lega dan makin percaya diri.

Sekian laporan saya tentang acara di I/A/L/F


Regards,
Susan

5 comments:

  1. jadi san, makhluk di luar bumi itu ada ga? klo ada apakah mereka makhluk yang berikir dan beradab?

    ReplyDelete
  2. itu yang sedang para UFO freak itu teliti dari karena sekian banyak penampakan yang dilaporkan... bisa jadi mereka ada. karena selama ini belum ada benda terbang yang canggih seperti itu.
    Ups... aku buka ahli lo ya... ini dari sekian banyak referensi yang pernah aku baca dan aku terjemahin Nung.. :).
    Kalau mau lebih lengkapnya boleh buka situs ini www.betaufo.org.
    adalah UFO resource center di Indonesia. semoga bisa membantu :)

    ReplyDelete